Selasa, 07 Februari 2012

Mengapa Kita Berkeringat?

Suhu normal pada manusia adalah 37 C. Ketika suhu di sekitarmu lebih tinggi dari itu maka otak tidak akan menyukainya. Otak akan memerintah tubuhmu bekerja sedemikian rupa agar tetap dingin dan nyaman.

Jadi bagian otak yang bernama hypothalamus mengirimkan pesan pada tubuh dan menyuruhnya untuk mengeluarkan keringat.

Kemudian kelenjar-kelenjar khusus yang ada di kulit bernama kelenjar keringat mulai bekerja mengeluarkan keringat. Keringat terdiri air dan sedikit bahan kimia seperti amonia, urea, garam dan gula. Lubang-lubang kecil pada kulit yang disebut pori-pori menjadi jalan keluar bagi keringat.

Ketika keringat sudah sampai di kulit luar dan bersentuhan dengan udara maka ia akan menguap, dan inilah yang menyebabkan suhu tubuhmu mendingin.

Keringat merupakan sistem pendinginan yang hebat. Tapi jika kamu terlalu banyak mengeluarkan keringat pada cuaca yang sangat panas atau setelah olahraga maka kamu perlu minum banyak air untuk menggantikan keringat yang keluar. Jika tidak maka kamu bisa mengalami dehidrasi.

Setelah berolahraga seringkali kita berkeringat. Mungkin kamu mengira bahwa keringat itu bau, padahal keringat sama sekali tidak bau. Bakteri yang berada pada kulit bercampur dengan keringat dan menyebabkannya berbau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar